Selasa, 15 Agustus 2017

Memang Seberapa Pentingkah Melakukan Reset Kode Registrasi Itu?

Kode registrasi adalah salah satu kunci pada aplikasi data pokok pendidikan. Tanpa kode registrasi sekolah tidak dapat memulai melakukan entry data.
Aplikasi Dapodik 2018
Pada perjalanannya kode registrasi tidak bersifat permanen, artinya jika dibutuhkan sekolah dapat meminta kepada dinas pengelola untuk melakukan reset kode registrasi.

Beberapa pertimbangan yang mendasari dilakukannya reset kode registrasi diantaranya adalah karena pergantian pengelola pendataan pada tingkat satuan pendidikan (sekolah), terjadinya tindakan pengrusakan terhadap data sekolah juga jadi dasar lain untuk melakukan reset kode registrasi. Kepala sekolah yang paham tingkat kepentingan data pokok pendidikan akan selalu sigap melakukan ini apabila pengelola di sekolahnya berganti orang.

Melakukan reset kode registrasi selain mengamankan data juga bisa menjadi penghambat pekerjaan apabila dilakukan bukan pada waktu yang tepat. Misalnya sekolah melakukan reset kode registrasi disaat proses entry data dilakukan dan belum melakukan sinkronisasi, karena akan berakibat sekolah menemui kendala dalam hal sinkronisasi bahkan terancam melakukan kerja ulang.

Kesimpulannya adalah lakukan permintaan reset kode registrasi hanya jika terjadi hal-hal yang bisa membuat data sekolah menjadi rusak atau berpotensi dirusak oleh orang lain, dan tidak diperkenankan melakukan proses reset kode registrasi hanya untuk iseng atau main-main. 
 
Sumber : http://dapodikhelper.blogspot.co.id/2017/08/seberapa-penting-melakukan-reset-kode.html
 


EmoticonEmoticon